Sekarang saatnya “KERJA Nyata” untuk SMK

Sekarang saatnya “KERJA Nyata” untuk SMK

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) memiliki peranan dalam perencanaan dan penciptaan kompetensi SDM tingkat menengah.

Mengapa SMK ? karena SMK merupakan pendidikan yang menyiapkan kaum muda menjadi manusia yang kompeten dan produktif level menengah yang kebutuhannya besar dan dapat langsung bekerja dibidangnya.

Dengan demikian, pembukaan suatu program keahlian harus responsif terhadap perubahan pasar kerja. Pola pendidikan sistem ganda(dual system) sudah tepat diterapkan SMK dalam rangka lebih mendekatkan mutu lulusan dengan kemampuan yang diminta oleh dunia industri/usaha, karena pondasi kelompok mitra (pokmi) SMK-DUDI telah terbentuk dengan benar
Kerja nyata pengembangan SMK mempunyai outcome yang jelas dan terukur, peranan pelaksanaan inpres revitalisasi SMK dimana diperlukan pemerintah bekerjasama dengan berbagai sektor, dunia usaha dan industri, serta masyarakat merupakan dasar dari kerja nyata dan sinergi antar pemangku kepentingan menjadi persyaratan mutlak dilakukan.

Kerja nyata untuk pengembangan SMK didalam melaksanakan pendidikan sistem ganda dengan target menjadikan siswa SMK mempunyai kompetensi, Konsep kompetensi (dalam SKKNI) tidak terbatas pada keterampilan kerja dalam artian yang sempit namun mengandung 5 (lima) dimensi kompetensi yaitu :

Keterampilan Melaksanakan Pekerjaan (Task Skills).Menunjukkan kemampuan siswa menyelesaikan tugas — tugas dalam pekerjaan yang diuraikan dalam KUK (kriteria unjuk kerja)

Keterampilam Mengelola Pekerjaan (Task management Skills).Menunjukkan kemampuan siswa untuk mengelola beberapa pekerjaan. Sering digunakan oleh siswa dalam merencanakan pekerjaan-pekerjaan sekaligus dengan menginterpretasikan beberapa tugas — tugas lainya untuk menghasilkan pekerjaan yang lengkap

Keterampilan Mengelola Keadaan Darurat / diluar Rutinitas Pekerjaan (Contigency Management Skills). Meliputi kemampuan siswa terhadap ketidak-teraturan dan gangguan rutinitas, termasuk keterampilan yang digunakan dalam pekerjaan sehari — hari sehingga dapat menghadapi ketidak-teraturan, ketidak-sempurnaan atau yang tidak dapat diketahui.

Keterampilan Memenuhi tuntutan Pekerjaan / Lingkungan Kerja (Job/Role Environment Skills).Keterampilan yang biasanya digunakan untuk memenuhi tanggung jawab serta ekspektasi dari lingkungan pekerjaan dan untuk dapat bekerja sama dengan orang lain, termasuk berinteraksi seperti rekan sejawat, pelanggan, nasabah dan khalayak umum. Kapasitas bekerja sama dengan orang lain serta beradaptasi terhadap berbagai macam situasi dan tuntutan pekerjaan disetiap perusahaan menjadi kunci kesuskesan kerja.

Sudah saatnya dari kerja, kerja, kerja menjadi kerja nyata mencapai daya saing SDM era global.

sumber: https://www.kompasiana.com/sagustiono/59c07876a388ed7c3c3dcf22/saatnya-kerja-nyata-dalam-pengembangan-smk